This is an outdated version published on 2018-12-26. Read the most recent version.

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Karakteristik Saintifik

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6752

Keywords:

Problem based learning, karakteristik saintifik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran sains di kelas V SD Negeri 187/I Teratai, serta untuk mengetahui peningkatan Karakteristik saintifik siswa kelas V SD Negeri 187/I Teratai.  Jenis penelitian yaitu peneltitan tindakan kelas. Teknik pengumpulan data observasi. Siklus pertama dengan menggunakan model problem based learning rata-rata hanya mencapai 29% dan untuk karakteristik saintifik yang dilakukan hanya mencapai 30% dengan hasil tersebut masih dinyatakan rendah. Pada siklus II dengan menggunakan model problem based learning rata-rata mencapai 57% dan untuk karakteristik saintifik yang dilakukan mencapai 50% dengan hasil ini peningkatan pada siklus II sudah nampak perubahan dari hasil siklus I. Pada siklus III dengan menggunakan model problem based learning rata-rata telah mencapai 94% dan untuk karakteristik saintifik yang dilakukan telah mencapai 92%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran sains untuk meningkatkan karakteristik saintifik kelas V SD Negeri 187/I Teratai telah berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asep & Abdul, 2012 , Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta : Multi Presindo
Arikunto, S. 2013 , Cara Dahsyat Membuat Skripsi, Jawa Timur : Jaya Star
Gunawan, I. 2013 , Metode Penelitian Kualitatif teori dan Praktik, Jakarta : Bumi Aksara
Kemendikmud ( 2013 ). Materi Pelatihan Guru; Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.
Mukhtar, 2013 , Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif, Jakarta : Gaung Persada
Mulyasa, E. 2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung : Rosda
Mulyatiningsih, E. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta
Riduwan, 2010 , Belajar Mudah Penelitian untuk Pemula Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung : Alfabeta
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Saminanto, 2013 , Mengembangkan RPP PAIKEM scientific Kurikulum 2013, Semarang : RaSAIL Media Group
Sanjaya, 2010 ,Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Jaya
Sudjana, D. 2005. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipasif. Bandung: Falah Production
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif. Jakarta:Kencana
Tim Penyusun. 2011. Pedoman Penulisan Skripsi PGSD Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Jambi: Universitas Jambi.
Tim Penyusun. 2009. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jambi:Universitas Jambi.
Yusra, 2010. Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Gaung Persada.

Downloads

Published

2018-12-26

Versions

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Karakteristik Saintifik. (2018). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 334-352. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6752