This is an outdated version published on 2018-06-29. Read the most recent version.

Analisis Iklim Sekolah Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6753

Keywords:

iklim sekolah, proses pembelajaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan analisis iklim sekolah melalui peran lingkungan fisik dan lingkungan sosial dalam mendukung proses pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 34/I Teratai,  Kecamatan Muara Bulian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. teknik pengunpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah wali kelas dan siswa kelas IV, V dan VI. Simpulan penelitian yaitu iklim sekolah dalam mendukung proses pembelajaran pada aspek lingkungan fisik, sumber daya, kenyamanan, lingkungan social, rasa tanggung jawab, kerjasama,  semangat kebersamaan, kesetiaan, dan keadilan telah diimplementasikan dengan sangat baik oleh pihak sekolah. Keberadaan iklim sekolah melalui lingkungan fisik dan lingkungan sosial sekolah sangatlah berperan dalam mendukung proses pembelajaran, yang pada akhirnya berdampak pada kualitas dan karakter sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta
Bani, Ahmad Saebani. 2008. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia
Bafadal, Ibrahim. 2005. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Cherubini, Lorenzo. 2008. Teacher Candidates’ Perceptions of School Culture: A Mixed Methods Investigation.Journal of Teaching and Learning. 5(2), 39-54. [Online]. Tersedia: http://www.phaenex.uwindsor.ca/ojs/leddy/ index.php/JTL/ article/view/157/51. Diakses tanggal 11 Januari 2016
Davis, K. Dan Newstrom. 1995 Human Behaviour at Work: Organizational Behaviour. Terjemahan Agus Dharma. Bandung: Erlangga, edisi ke-7
Dede Rosyada. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media
Depdikbud. 1994. Peranan Guru dalam Peningkatan PBM dan Mutu Pendidikan. Jakarta: Depdikbud
Djalil. A. 2003. Pendidikan Berkualitas Melalui Sekolah yang Efektif dan Berkembang. Jakarta: Rajawali Perss
Freire, P. 2000. Pendidikan Kaum Tertindas. (Terjemahan Otomo Danarjaya, dkk.). Jakarta: LP3ES. (Buku asli diterbitkan tahun 1972)
Gunbayi, Ilhan. 2007. School Climate and Teachers’ Perceptions on Climate Factors: Research Into Nine Urban High Schools. The Turkish Online Journal of Educational Technology. Terjemahan Budi Permana. Jakarta: Rajawali Perss
Haryanto. 2001. Penciptaan iklim belajar yang kondusif di SD melalui penataan lingkungan kelas. Dinamika Pendidikan: Majalah Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Negeri Yogyakarta. No. 2/Th. VIII, P. 73-81
Hoffman, Lorrie L., Hutchinson, Cynthia J. dan Reiss, Elayne.2009. On Improving School Climate: Reducing Reliance on Rewards and Punishment. International Journal Of Whole Schooling. 5 (3).[Online]. Tersedia: http://www.wholeschooling.net/Journal_of_Whole_Schooling/ articles/5-1%20Hoffman.pdf. Diakses tanggal 11 Januari 2016
Marshall, Megan L. 2002. Examining School Climate: Defining Factors And Educational Influences. Center for Research on School Safety, School Climate and Classroom Management, Georgia State University.Terjemahan Agus Dharma. Bandung: Erlangga
Milner, Karen danKhoza, Harriet. 2008. A Comparison of Teacher Stress and School Climate Across Schools with Different Matric Success Rates.South African Journal of Education. 28. 155-173.
Moos, R.H. 1979. Evaluating Educational Environments: Procedures, Measures, Findings, and Policy Implications. San Francisco: Jossey-Bass.
Moleong, J. Lexi. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nasution. 2003. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar&Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Akasara
Pinkus, Lyndsay M. 2009. Moving Beyond AYP: High School Performance Indicators. Alliance for Excellent Education 1-20
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaan Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Sorenson, Richard D., Goldsmith, Lloyd M. 2008. The Principal’s Guide to Managing School Personnel. Corwin Press.
Styron Jr, Ronald A., Nyman, Terri R., (2008).Key Characteristics of Middle School Performance.RMLE Online.31(5).1-17. [Online].Tersedia: http://www.nmsa.org/portals/0/pdf/publications/RMLE/rmle_vol31_no5.Pdf. Diakses tanggal 12 Januari 2016
Stichter, Kenneth (2008). Student School Climate Perceptions as a Measure of School District Goal Attainment.Journal of Educational Research & Policy Studies.Tersedia: http://www.eric.ed.gov/Docs/data/ericdocs2sql/content_storage_01/019b/80/3f/5a/c3.pdf. Diakses tanggal 12 Januari 2016
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualittaif, R&D). Bandung: Alfabeta
Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi

Downloads

Published

2018-06-29

Versions

How to Cite

Analisis Iklim Sekolah Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. (2018). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 39-56. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6753