Pengembangan Media Konkret Pada Pembelajaran Tema Lingkungan Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • D Destrinelli Universitas Jambi
  • Dwi Kurnia Hayati Universitas Jambi
  • Endang Sawinty Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6754

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk membuat bahan ajar tematik pada pembelajaran tema lingkungan kelas III Sekolah dasar yang valid dan menarik. Prosedur pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evalutation. Teknik  pengumpulan data yaitu angket. Bahan ajar yang telah dibuat kemudian divalidasi oleh validator. Meliputi validasi ahli media, dan validasi pembelajaran. Hasil validasi ahli media diperoleh nilai rata-rata yaitu 71% maka produk ini termasuk dalam kategori “baik†dan layak untuk diujicobakan. Hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai rata- rata yaitu 84.3% maka produk ini termasuk dalam kategori “ sangat baik†dan layak untuk diujicobakan. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran tema lingkungan kelas III sekolah dasar dalam  proses pembelajaran digunakan sebagai instrumen penunjang pembelajaran dan memiliki kemenarikkan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-26 — Updated on 2018-12-26

Versions

How to Cite

Destrinelli, D., Hayati, D. K., & Sawinty, E. (2018). Pengembangan Media Konkret Pada Pembelajaran Tema Lingkungan Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 313-333. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6754