This is an outdated version published on 2018-12-26. Read the most recent version.

Pengembangan Media Konkret Pada Pembelajaran Tema Lingkungan Kelas III Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6754

Keywords:

pengembangan, media, konkret

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk membuat bahan ajar tematik pada pembelajaran tema lingkungan kelas III Sekolah dasar yang valid dan menarik. Prosedur pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evalutation. Teknik  pengumpulan data yaitu angket. Bahan ajar yang telah dibuat kemudian divalidasi oleh validator. Meliputi validasi ahli media, dan validasi pembelajaran. Hasil validasi ahli media diperoleh nilai rata-rata yaitu 71% maka produk ini termasuk dalam kategori “baik†dan layak untuk diujicobakan. Hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai rata- rata yaitu 84.3% maka produk ini termasuk dalam kategori “ sangat baik†dan layak untuk diujicobakan. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran tema lingkungan kelas III sekolah dasar dalam  proses pembelajaran digunakan sebagai instrumen penunjang pembelajaran dan memiliki kemenarikkan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashyar. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi Jakarta.
Branch, Robert. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer: USA.
Daryanto dan Herry Sudjendro. 2013. Siap menyongsong kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media
Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya.
Ibrahim dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka
Cipta.
Irham, Muhammad dan Novan Ardi Wiyani. 2013. Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran tematik terpadu. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Munadi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan bahan ajar tematik. Yogyakarta : Diva Press.
Putra. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta : Diva Press.
Rahmawan. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Kincir Angin Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Di SMK Ma’arif Salim. Universitas Negeri Yogyakarta.
Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan Research And Development. Bandung : Alfabeta
Susanto,A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana prenada media group.
Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Propesional. Jakarta : Erlangga Group.
Uno, Hamzah. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Yamasari, Yuni, 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Makalah Seminar Nasional Pascasarjana.

Downloads

Published

2018-12-26

Versions

How to Cite

Pengembangan Media Konkret Pada Pembelajaran Tema Lingkungan Kelas III Sekolah Dasar. (2018). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 313-333. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6754