This is an outdated version published on 2018-06-29. Read the most recent version.

Penerapan Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6767

Abstract

ABSTRAK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Nilai Pendidikan Karakter PeduliLingkungan di Kelas Tinggi SDN 55/1 Sridadi.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.Lokasi penelitian ini di SDN 55/1 Sridadi, kecamatan Muara Bulian, kabupaten Batanghari. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Untuk mengecek keabsahan data dalam rangka membuktikan kesesuaian data penelitian dengan kenyataan dilapangan, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi peneliti.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penanaman Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas Tinggi SDN 55/1 Sridadi dilaksanakan oleh pihak sekolah baik itu langsung dari kepala sekolah, para guru beserta staf, dan siswa-siswa itu sendiri. Cara guru menanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan kelas pada siswa adalah membuat jadwal piket kelas, membiasakan siswa agar membuang sampah pada tempat dan sesuai jenis sampah tersebut, melakukan gotong royong, memberi arahan kepada siswa agar tidak merusak fasilitas sekolah, dan memelihara tanaman yang ada dikelas maupun sekolah.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sikap peduli lingkungan siswa kelas IV dan V SDN 55/1 Sridadi sudah baik. Peneliti mengharapkan agar siswa-siswa dapat mempertahankan sikap tersebut, dan para guru dapat memberikan teladan. 

Kata kunci : Pendidikan Karakter,  Peduli Lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-29

Versions

How to Cite

Penerapan Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. (2018). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 111-126. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6767