This is an outdated version published on 2018-06-29. Read the most recent version.

Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6778

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pendidikan nilai kepedulian sosial pada siswa kelas V Di SDN 80/I Muara Bulian. Jenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian yaitu strategi guru menanamkan nilai kepedulian sosial kepada siswa secara verbal melalui pemberian motivasi, nasihat, cerita, teguran, hukuman, dan pujian, sedangkan cara non verbal melalui pembiasaan perilaku, dan teladan. Strategi keteladanan. Contohnya Bersalaman dengan guru Mengadakan infak jumat,Kerja bakti, Menjenguk siswa yang sakit,Turut serta dalam kegiatan sekolah seperti memperingati hari-hari besar Bersikap baik dan ramah kepada orang lain. Strategi kegiatan spontan dan teguran. Guru secara langsung dan spontan memberikan teguran kepada siswa yang bersikap tidak peduli terhadap temanteman dan gurunya. Strategi pengondisian lingkungan. Menyediakan buku LKS yang di dalamnya memuat unsur pendidikan karakter. Strategi kegiatan rutin yang di adakan setiap hari jumat yaitu infak jumat dan gotong royong.

 

Kata Kunci : Kepedulian Sosial, Siswa Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-29

Versions

How to Cite

Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. (2018). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 163-180. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6778