This is an outdated version published on 2017-06-10. Read the most recent version.

Implementasi Guru Menggunakan Metode Permainan Pada Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6821

Abstract

Abstrak. Efektivitas guru adalah kemampuan guru dalam mengajar untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Efektivitas guru adalah keberhasilan pendidikan bagi siswa mereka, karena guru yang efektif dapat mendukung keberhasilan tingkat pembelajaran peserta didik. Studi ini bertujuan untuk mempengaruhi efektivitas guru dalam menggunakan metode permainan pada ilmu mata pelajaran kelas III SDN 110/1 Tenam Village. penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini di SDN 110/1 Tenam Village, Kecamatan Muara Bulian, Kecamatan Batanghari yang digelar selama satu bulan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan kajian pengamatan rencana pelaksanaan pembelajaran, guru meninjau dalam pelaksanaan pembelajaran, dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan keefektifan guru telah efektif dalam menggunakan metode permainan mata pelajaran IPA di kelas III SDN 110/1 desa Tenam. Dan pelaksanaan pelajaran IPA di kelas III SDN 110/1 desa Tenam belajar sesuai dengan tahapan metode permainan belajar.

 Kata kunci : efektivitas guru, metode permainan, pelajaran sains.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-10

Versions

How to Cite

Implementasi Guru Menggunakan Metode Permainan Pada Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. (2017). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 106-123. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6821