Token Ekonomi Sebuah Tips Pembiasaan Perilaku Positif Di SMP Negeri 8 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6883Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengubah perilaku negatif menjadi perilaku positif melalui pemberian token ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Lapangan (PTL). Tindakan dilakukan melalui kolaborasi dengan pengurus OSIS yang melakukan observasi dan pemberian token ekonomi pada tahap awal. Tahap selanjutnya, pemberian token konomi dilakukan oleh konselor sekolah. Setiap tindakan diberikan dalam tiga sikuls penelitian denga tahap-tahap yang sama. Setiap tahap dilakukan berdasarkan lagkah-langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, pemberian token ekonomi, evaluasi, refleksi dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pemberian token ekonomi, perilaku negatif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Jambi dapat diubah menjadi perilaku positif.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2019-06-19 (1)
- 2019-06-19 (1)