Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Semangat Belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22437/gentala.v7i2.9279Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui semangat belajar IPA siswa kelas V SDN 78/IX Nyogan Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui penggunaan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menganalisis secara deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai bulan Oktober 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 33 orang siswa terdiri dari 17 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh peneliti, hasil belajar siswa sebelum PTK yaitu 72.1. Setelah PTK pada siklus I pertemuan 1 hasil belajar siswa adalah 81.8 dan pada pertemuan 2 sebesar 82.7. Pada siklus II pertemuan 3 hasil belajar siswa 85.2 dan pada pertemuan 4 sebesar 86.9. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN /IX Nyogan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tuti Painaah Tuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.