This is an outdated version published on 2020-06-01. Read the most recent version.

Implementasi Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Manajemen Kelas di SDN No.53/IX Muaro Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9337

Keywords:

Penugasan, Dosen, Guru, Sekolah, Manajemen Kelas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi PDS dalam meningkatkan kemampuan guru dalam manajemen Kelas di kelas II SDN No 53/IX Muaro Jambi. Kegiatan PDS ini dilaksanakan di SDN No 53/IX Muaro Jambi, Pada kelas dua dengan pola pembelajaran tematik. Jenis Penelitian ini adalah Best Practice dengan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan Data menggunakan observasi dan  dokumentasi. Prosedur penelitian dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan dan dan program tindak lanjut. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan PDS secara umum adalah tersusunnya perangkat pembelajaran secara baik dan benar, Secara khusus yang terfokus dalam manajemen kelas adalah guru mampu menata lingkungan fisik kelas yang baik, guru mampu menegakkan tingkah laku siswa, guru memehami masalah masalah manajemen kelas. Kesimpulan Program PDS memberikan dampak yang positif baik pada guru maupun dosen serta  sekolah dan lembaga pencetak  guru /LPTK dalam berbenah diri melalui kegiatan berkolaborasi untuk memecahkan masalah dalam dunia pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2018. Panduan Orogram Hibah Penugasan Dosen Di Sekolah ( PDS). Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Kementrian Riset teknologi Dan Perguruan Tinggi.
Anonim. 2013. Kurikulum 2013 K0mpetensi Dasar. Jakarta : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan
Alliyah, 2016. Pengelolaan Kelas Rendah di SD Amaliah SD Ciawi Bogor. Jurnal sosial Humaniora. ISSN 2087-4928 Volume 7 Nomor 2,Oktober 2016
Basri,Hasan. 2018. Kemampuan Kognitif dalam meningkatkan Efektifitas Pembelajaran ilmu sosial bagi siswa Sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan
Cooper, James.M.. AII.1977,Classroom Teaching Skill.Lexington.D.C Health & Coy
Damin,2014. Perkembangan Peserta Didik. Bandung.Alfabeta
Duke,Daniel.L,1979.Classroom Manajement, Chicago:university of Chicago Press
Joni,Raka.1980. Pengelolaan Kelas, Jakarta : proyek Pengembangkan Pendidikan Guru Kemendikbud
M.Entang.1985. Pengelolaan Kelas,Proyek PLPTK. Jakarta Dirjen Dikti
Moleong,Lexy J.2010 , Metodologi Penelitian Kualitatif.. bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muhammad, Uzer Usman. 1996. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muningsih. 2015. Manajemen Kelas Guru Sekolah Dasar. Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 5, November 2015, hlm, 699-703
Mursalin, Sulaiman, Nurmasyitah. 2017. Peran Guru Dalam Pelaksanaan Manajemen Kelas Di Gugus Bungong Seulanga Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 1, 105-114 Februari 2017
Ostroff. 2013. Memahami Cara Anak-anak Belajar. Jakarta: Indeks Porter, L. W.,
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2009). Perilaku organisasi. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta. PT. Indeks Kelompok Gramedia. .

Rukmana, Ade & Suryana, Asep. 2009. Manajemen Kelas. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Rusydie, Salman. 2011. Prinsip-prinsip Manajemen Kelas. Jogyakarta: Diva Press
Santrock, Jhon. 2010. Psikologi Pendidikan, edisi kedua. Terjemahan Wibowo, Kencana, Jakarta
Solso R. L, dkk. 2008. Psikologi Kognitif. Terjemahan Rahardanto, M Butuadji, K. Edisi kedelapan, Jakarta: Erlangga
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. 2009. Manajemen Pendidikan . Bandung: Alfabeta
Tim UPT –PPL Unja. 2013. Ketrampilan Dasar Mengajar. Jambi: Tidak diterbitkan
Wijayani, Novan. 2015. Manajemen Kelas. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2020-06-01

Versions

How to Cite

Implementasi Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Manajemen Kelas di SDN No.53/IX Muaro Jambi. (2020). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 125-131. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9337