Implementasi Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Manajemen Kelas di SDN No.53/IX Muaro Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9337Keywords:
Penugasan, Dosen, Guru, Sekolah, Manajemen KelasAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi PDS dalam meningkatkan kemampuan guru dalam manajemen Kelas di kelas II SDN No 53/IX Muaro Jambi. Kegiatan PDS ini dilaksanakan di SDN No 53/IX Muaro Jambi, Pada kelas dua dengan pola pembelajaran tematik. Jenis Penelitian ini adalah Best Practice dengan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan Data menggunakan observasi dan dokumentasi. Prosedur penelitian dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan dan dan program tindak lanjut. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan PDS secara umum adalah tersusunnya perangkat pembelajaran secara baik dan benar, Secara khusus yang terfokus dalam manajemen kelas adalah guru mampu menata lingkungan fisik kelas yang baik, guru mampu menegakkan tingkah laku siswa, guru memehami masalah masalah manajemen kelas. Kesimpulan Program PDS memberikan dampak yang positif baik pada guru maupun dosen serta sekolah dan lembaga pencetak guru /LPTK dalam berbenah diri melalui kegiatan berkolaborasi untuk memecahkan masalah dalam dunia pendidikan.
Downloads
References
Anonim. 2013. Kurikulum 2013 K0mpetensi Dasar. Jakarta : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan
Alliyah, 2016. Pengelolaan Kelas Rendah di SD Amaliah SD Ciawi Bogor. Jurnal sosial Humaniora. ISSN 2087-4928 Volume 7 Nomor 2,Oktober 2016
Basri,Hasan. 2018. Kemampuan Kognitif dalam meningkatkan Efektifitas Pembelajaran ilmu sosial bagi siswa Sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan
Cooper, James.M.. AII.1977,Classroom Teaching Skill.Lexington.D.C Health & Coy
Damin,2014. Perkembangan Peserta Didik. Bandung.Alfabeta
Duke,Daniel.L,1979.Classroom Manajement, Chicago:university of Chicago Press
Joni,Raka.1980. Pengelolaan Kelas, Jakarta : proyek Pengembangkan Pendidikan Guru Kemendikbud
M.Entang.1985. Pengelolaan Kelas,Proyek PLPTK. Jakarta Dirjen Dikti
Moleong,Lexy J.2010 , Metodologi Penelitian Kualitatif.. bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muhammad, Uzer Usman. 1996. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muningsih. 2015. Manajemen Kelas Guru Sekolah Dasar. Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 5, November 2015, hlm, 699-703
Mursalin, Sulaiman, Nurmasyitah. 2017. Peran Guru Dalam Pelaksanaan Manajemen Kelas Di Gugus Bungong Seulanga Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 1, 105-114 Februari 2017
Ostroff. 2013. Memahami Cara Anak-anak Belajar. Jakarta: Indeks Porter, L. W.,
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2009). Perilaku organisasi. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta. PT. Indeks Kelompok Gramedia. .
Rukmana, Ade & Suryana, Asep. 2009. Manajemen Kelas. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Rusydie, Salman. 2011. Prinsip-prinsip Manajemen Kelas. Jogyakarta: Diva Press
Santrock, Jhon. 2010. Psikologi Pendidikan, edisi kedua. Terjemahan Wibowo, Kencana, Jakarta
Solso R. L, dkk. 2008. Psikologi Kognitif. Terjemahan Rahardanto, M Butuadji, K. Edisi kedelapan, Jakarta: Erlangga
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. 2009. Manajemen Pendidikan . Bandung: Alfabeta
Tim UPT –PPL Unja. 2013. Ketrampilan Dasar Mengajar. Jambi: Tidak diterbitkan
Wijayani, Novan. 2015. Manajemen Kelas. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
Versions
- 2020-06-01 (1)
- 2020-06-01 (1)