This is an outdated version published on 2020-06-01. Read the most recent version.

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Materi Pengolahan Data Siswa Kelas V A SDN 61/X Talang Babat

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9428

Keywords:

Kemampuan Matematis, Model Pembelajaran, Inkuiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan matematis materi pengolahan data melalui model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas V A SD Negeri 61/X Talang Babat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitan ini terdiri dari 3 siklus dan setiap siklus terdapat satu kali pertemuan. Tahapan setiap siklus adalah tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V A SD Negeri 61/X Talang Babat tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 32 orang siswa. Data penelitian ini adalah teks dan angka tentang kemampuan siswa dalam materi pengolahan data. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menyebutkan adanya peningkatan kemampuan siswa kelas V A SD Negeri Talang Babat pada materi pengolahan data melalui model pembelajaran inkuiri. Kriteria keberhasilan penelitian adalah 80% nilai tersebut diperoleh pada siklus ke-tiga. Peningkatan nilai dari siklus pertama sampai ketiga adalah 66 % menjadi 78%, dan menjadi 88%. Hasil refleksi siklus pertama belum mampu mencapai kriteria keberhasilann dikarenakan belum terbiasa menerapkan model pembelajaran inkuiri. Jumlah siswa yang mencapai kriteria keberhasialan pada siklus ketiga adalah 28, yang belum mencapai adalah 4 siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model inkuiri dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa kelas V A SD Negeri 61/X Talang Babat materi pengolahan data.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto,, Suharsini. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Daryanto. 2015. Strategi dan Tahapan Mengajar bekal Keterampilan Dasar BagiGuru. Bandung:CV. Yrama Widia.
Dasna I Wayan. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang.
Dimyati, & Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Renika Cipta
Djaali H 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta:PT. Buana Aksara.
Erlangga. 2016. ESPS Matematika Untuk SD Kelas V. Jakarta : Erlangga..
Kurniasih, Imas. dan Sani, Berlin. 2016. Model pembelajaran. Kata Pena.
Karso.2002.Pendidikan Matematika I( Cet ke 5): Universitas Terbuka
Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah.Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Muhsetyo,Gatot dkk. 2010. Pembelajaran Matematika SD.Jakarta:Unversitasi
Terbuka.
Noeraida, dkk. 2016. Teori Belajar dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jakarta : Kemdikbud.
Permendiknas Nomor 57 Tahun 2014
Saefuddin, Asis. dan Berdianti, Ika. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta : Kencana Prenadamedia Grup
Sukardi. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta : kencana Prenadamedia Grup.
Winaputra, Udin S. 2001. Model Pembelajaran. Jakarta : Pusat PenerbitanUniversitas Terbuka.
Zubaidah, Siti dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran SMP IPA. Malang : Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2020-06-01

Versions

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Materi Pengolahan Data Siswa Kelas V A SDN 61/X Talang Babat . (2020). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 91-109. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9428