Pemerolehan Sintaksis Pada Anak Berkebutuhan Khusus Gifted: Studi Kasus Usia 8 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.22437/kalistra.v3i2.42944Kata Kunci:
pemerolehan, sintaksis, gifted, kata, frasa, klausa, kalimatAbstrak
This research aims to describe the acquisition of syntax in children with special needs gifted aged 8 years. The theory used in this research is the theory of nativism by Chomsky. The research method used is qualitative descriptive with data in the form of speeches from 8-year old gifted children obtained through methods, namely observation, interviews, and documentation. The data analysis techniques used are data analysis, data identification, categorization, and interpretation The results of the research on the acquisition of syntax in Gifted Children with Special Needs at the age of 8 years obtained the following data were obtained: (1) Acquisition of words, verbs consists of 95 data, nouns in humans consists of 9 data, nouns in objects consists of 51 data, adjectives consist of 80 data, and adverbs consist of 52 data, (2) Acquisition of phrases consists of 20 data, (3) Acquisition of clauses consists of 11 data, and (4) Acquisition of Sentences, declarative sentences (stations) consists of 15 data, interrogative sentences (questions) consist of 8 data, imperative sentences (commands) consists of 8 data. shows that the acquisition of SA syntax is quite good. The use of words, SA has been able to master word classes such as verbs, nominas, adjectives, srtya adverbs. In the use of phrases and clauses, SA is also classified as good. It's just that some words are still unclear. And the acquisition of sentences, SA is also quite good, but in the order of sentences he is often wrong in the order. From the data obtained, language acquisition based on syntatic ability in Children with Special Needs Gifted aged 8 years, namely SA, is classified in the language acquisition of children aged 4-6 years in normal children.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan sintaksis pada anak berkebutuhan khusus gifted usia 8 tahun. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori nativisme oleh Chomsky. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan data berupa ujaran-ujaran dari anak Berkebutuhan Kkusus Gifted usia 8 tahun yang didapatkan melalui cara, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data, identifikasi data, katrgorisasi, dan interpretasi. Hasil dari penelitian pemerolehan sintaksis pada Anak Berkebutuhan Khusus Gifted usia 8 tahun diperoleh data sebagai berikut: (1) Pemerolehan kata, verba terdiri 95 data, nomina pada manusia terdiri dari 9 data, nomina pada benda terdiri dari 51 data, adjektiva terdiri dari 80 data, dan adverbial terdiri dari 52 data, (2) Pemerolehan frasa terdiri dari 20 data, (3) Pemerolehan klausa terdiri dari 11 data, dan (4) Pemerolehan Kalimat, kalimat deklaratif (pernyataan) terdiri dari 15 data, kalimat interogatif (pertanyaan) terdiri dari 8 data, kalimat imperative (perintah) terdiri dari 8 data. menunjukkan bahwa pemerolehan sintaksis SA sudah cukup baik. Penggunaan kata, SA sudah dapat menguasai kelas kata seperti verba, nomina, adjektiva, srtya adverbia. Dalam penggunaan frasa dan klausa, SA juga sudah tergolong baik. Hanya saja beberapa kata masih kurang jelas pelafalannya. Dan pemerolehan kalimat, SA juga sudah cukup baik, namun pada urutan kalimat ia sering salah dalam urutannya. Dari data yang diperoleh, pemerolehan bahasa berdasarkan kemampuan sintaksis pada Anak Berkebutuhan Khusus Gifted usia 8 tahun yaitu SA tergolong dalam pemerolehan bahasa anak usia 4-6 tahun pada anak normal.
Unduhan
Referensi
Afria, Rengki and Tersta, Frisciila Wulan (2018) Language Disorder “Stutering” On The Children: Case Study Of Muhammad Rizki Utama. Proceeding The Third International Conference on Malay Identity, 3 (1). pp. 316-322. ISSN 9786025163418
Aitchison, Jean. (2003). Makhluk Berbahasa: Pengantar Psikolinguistik (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Akbar, Reni Hawadi. 2004. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Grasindo.
Akbar-Hawadi,dkk. (2006). BEKERJASAMA (Aktivitas untuk Mendorong Anak Suka Bekerjasama). Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Chomsky, Noam. (2004). Bahasa dan Pikiran (terjemahan dari Language and Mind). Penerbit: Yayasan Obor Indonesia.
Chomsky, Noam. (2007). Aspek-aspek Teori Sintaksis (terjemahan dari Aspects of the Theory of Syntax). Penerbit: Yayasan Obor Indonesia.
Dardjowidjojo, S. (2005). Psikolinguistik; Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia.
Helty, H., Izar, J., Afria, R., & Afifah, I. H. (2021). Tahapan Dan Perbandingan Pemerolehan Bahasa Pada anak laki-Laki dan Perempuan Usia 18 Bulan: Kajian Psikolinguistik. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 84. https://doi.org/10.33603/deiksis.v7i2.3650
Karo, I. D. P. B., Ernanda, E., & Afria, R. (2023). Konstruksi Kalimat Imperatif dalam Bahasa Karo. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(3), 328-334. https://doi.org/10.22437/kalistra.v1i3.23279
Mulyaningsih, I. (2015). Pemerolehan Bahasa Anak Pada Usia 4 Tahun dengan Whole Language. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 1–13.
Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Warnandi, Nandi. (2019). Layanan Pendidikan Anak Berbakat Pada Sekolah Dasar. Makalah. Dikutip dari file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._ PEND._LUAR_BIASA/.../Anak_Berbakat.pdf. 7 Mei 2019
Warni, W., Afria, R., Izar, J., & Harahap, M. (2023). The Stages and Development of First Language Acquisition on Children 1,6 Years Old. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2080-2093. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3310
Zahrina, L. N. (2016). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 44–59. https://doi.org/10.1007/s11010-011-1216-4
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hotmida Sari Nababan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Kalistra: Kajian Linguistik dan Sastra is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish their manuscripts in Kajian Linguistik dan Sastra agree to the following terms:
1. The copyright in each article belongs to the author.
2. The author acknowledges that Kajian Linguistik dan Sastra reserves the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (Attribution 4.0 International CC BY-SA 4.0).
3. Authors may submit articles separately, arranging for non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., delivery to the author's institutional repository, publication into a book, etc.), acknowledging that the manuscript has been first published in Kajian Linguistik dan Sastra.