Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa melalui Debat Aktif
DOI:
https://doi.org/10.22437/titian.v6i2.21563Kata Kunci:
meningkatkan, kemampuan berbicara siswa, debat aktifAbstrak
Studi ini menyajikan penelitian tentang peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui debat aktif di kelas dua belas. Berbicara adalah salah satu dari empat unsur dalam bahasa Inggris dan dapat meningkatkan keterampilan bahasa Inggris bagi siswa. Debat aktif adalah salah satu metode untuk meningkatkan keterampilan berbicara karena debat dominan berbicara dan dapat dipraktikkan dengan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran debat aktif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan untuk mengidentifikasi seberapa besar peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran debat aktif. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah kelas tewltfh di SMK S Al-Bukhary yang terdiri dari 21 siswa. Peneliti mengumpulkan sumber data yang berkaitan dengan penelitian ini dari observasi dan tes yang dilakukan pada setiap siklus. Peneliti menggunakan data instrumen berupa daftar observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang dikumpulkan, kesenjangan informasi terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan proses pembelajaran berbicara bahasa Inggris. Hasil rincinya adalah sebagai berikut: Siklus 1 persentase aspek berbicara adalah 54,34% dan nilai rata-rata adalah 54,38. Pada siklus II persentase aspek berbicara 74,58% dan nilai rata-rata 54,61. Hasil dari peneliti adalah peningkatan dengan nilai 20,23. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa melalui debat aktif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Unduhan
Referensi
Arung, F. (2016). Improving the Students’ Speaking Skill through Debate Technique. Journal of English Education, 1 (1), 70-76. http://usnsj.com/index.php/JEE
Baso, F. A. (2016). The Implementation of Debate Technique to Improve Students’ Ability in Speaking. Exposure Journal, 5 (2), 154-173. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/exposure/article/view/845
Fulcher. (2003). Testing Language Second Language Speaking. Sydney: Longman.
Hamsia, W. (2018). Developing Students’ Speaking Ability through Story Completion. Journal of English Language Teaching, 5 (1), 57-64. https://doi.org/10.33394/jo-elt.v5i1.2298
Hasibuan, A. L. (2013). Language Testing. Medan: USUpress.
Khairunnisah. (2019). Effectiveness of Active Debate Method in English Speaking Skills of Students in SMAN 3 Padangsidimpuan. Journal of English Teaching and Learning Issues, 2 (2), 171-186. https://dx.doi.org/10.21043/jetli.v2i2.5739
Losi, R. V., & Rosida, S. (2022). Persuasive Language Used on Advertisements of Instagram Posts. Titian: jurnal ilmu humaniora, 6 (1), 54-64. https://mail.online-journal.unja.ac.id/titian/article/view/18616
Lubis, R. U., & Siregar, I. K. (2021). Improving Students’ Speaking Skill through Debate. Journal Of English Education And Linguistics, 2 (1), 1-8. https://doi.org/10.56874/jeel.v2i1.396
Lumbangaol, R. R., & Mazali, M. R. (2020). Improving Students’ Speaking Ability through Debate. The Journal of English Literacy Education, 7 (2), 92-100. https://doi.org/10.36706/jele.v7i2.12521
Musfirah. (2017). The Effeciveness of Debate Method to Improve Students’ Speaking Skill. Didaktika Jurnal Kependidikan, Jurusan Tarbiyah STAIN Watampone, 11 (2), 210-224. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/download/167/96
Nainggolan, M. P. (2017). Improving Students’ Speaking Skill through Debate Technique at SMK Swasta Dharma Bakti Medan. Kairos Elt Journal, 1 (2), 35-48. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/bright/article/view/739
Nunan, D. (2003). Practical English Language Teaching. New York: McGra HillCompanies, Inc.
Parmawati, A., & Inayah, R. (2019). Improving Students' Speaking Skill through English Movie in Scope of Speaking for General Communication. ELTIN Journal, 7 (2), 43-53. https://doi.org/10.22460/eltin.v7i2.p43-53
Pradana, S. A. (2017). Using Debate to Enhance Students’ Speaking Ability As Their Character Building. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 10 (1), 149-163. https://doi.org/10.24042/ee-jtbi.v10i1.881
Salim, Haidir, & Karo-karo, I. R. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Perdana Publishing.
Sari, F. W., & Supriyadi, A. (2021). Enhancing Students’ Speaking Skill through Debate. Jurnal Scientia, 10 (1), 92-98. http://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruz Media.
Yulizar, I. (2020). The Effect of Students’ Achievement in Studying Vocabulary Through Scramble Method at SMP N 1 Kualuh Hulu. Tarbiyah bil Qalam Jurnal Pendidikan, Agama dan Sains, 4 (2), 47-53. https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/stit/article/view/44
Zuhriyah, M. (2017). Storytelling to Improve Students’ Speaking Skill. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 10 (1), 119-134. https://doi.org/10.24042/ee-jtbi.v10i1.879
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ismi Yulizar, Siti Aminah Hasibuan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.