Analisis kebutuhan E-book Mikrobiologi Terapan berbasis Kekayaan Lokal Jambi untuk Menumbuhkan Jiwa Berwirausaha

(Analysis of the need for an E-book of Applied Microbiology based on Jambi's Local Wealth to Grow an Entrepreneurial Spirit)

Authors

  • Retni S Budiarti Universitas Jambi
  • Harlis Harlis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.17524

Abstract

The purpose of this study was to determine the need for an e-book of applied microbiology based on Jambi's local wealth to foster an entrepreneurial spirit in the Biology Education Study Program, Jambi University. This research is a qualitative descriptive study. The method used in the form of interviews and questionnaires to students. The data were analyzed using descriptive analysis and the percentage of the answers given was divided by the total number of respondents multiplied by 100%. The results of this study indicate that: (1) microbiology learning has not used project-based learning in accordance with Jambi's local wealth based to foster an entrepreneurial spirit; (2) 97.1% of students are interested in applied microbiology materials applied to foster an entrepreneurial spirit by utilizing local Jambi wealth (3) 88.2% of students have never had applied microbiology teaching materials in the form of e-books based on Jambi's local wealth to foster an entrepreneurial spirit as material teach the learning process. The conclusion of this study is that it is necessary to develop teaching materials in the form of an e-book of applied microbiology based on Jambi's local wealth to foster an entrepreneurial spirit.

Key words: E-Book,  Microbiology, Entrepreneurship

Abstrak 

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kebutuhan terhadap e-book mikrobiologi terapan berbasis kekayaan lokal Jambi untuk menumbuhkan jiwa berwirausaha di Prodi Pendidkan Biologi Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan berupa wawancara dan kuesioner pada mahasiswa. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan prosentase dari hasil jumlah jawaban yang diberikan dibagi jumlah seluruh responden dikali 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran mikrobiologi belum menggunakan pembelajaran berbasis proyek sesuai dengan berbasis kekayaan lokal Jambi untuk menumbuhkan jiwa berwirausaha; (2) 97,1% mahasiswa tertarik materi mikrobiologi terapan diterapkan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dengan memanfaatkan kekayaan lokal jambi (3) 88,2% mahasiswa belum pernah bahan ajar mikrobiologi terapan berbentuk e-book berbasis kekayaan lokal Jambi untuk menumbuhkan jiwa berwirausaha sebagai bahan ajar proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlu dikembangkan bahan ajar berupa e-book mikrobiologi terapan berbasis kekayaan lokal Jambi untuk menumbuhkan jiwa berwirausaha.

Kata kunci: E-Book, Mikrobiologi, Berwirausaha

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afidah, M. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa tentang Mikrobiologi melalui Pembelajaran Menggunakan Media Gambar. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(1), 131–141. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3773

Anwar, M., Supardi, & Sugiharto, D. Y. P. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi dengan Pendekatan Bioenterpreneurship untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Ilmiah dan Minat Berwirausaha Siswa. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 1(1), 38–44.

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082

Cahyono, S. B., & RUMAHORBO, B. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Proses Pembelajaran Biologi Kelas X Ipa Sma Se- Kabupaten Sorong Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 5(3), 1–11. https://doi.org/10.31957/jipi.v5i3.315

Darwis, M., Kumar, R., Niswaty, R., & Nasrullah, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 3(1), 31. https://doi.org/10.32493/fb.v3i1.2021.31-41.8694

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28–42. https://doi.org/10.30598/jppgivol1issue1page28-42

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587

Irvani, A. I., Warliani, R., & Amarulloh, R. R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PkM MIFTEK. https://doi.org/10.33364/miftek/v.1-1.35

Kurniawan, R., & Sanawiri, B. (2018). Analisis Perbandingan Intensi Kewirausahaan Mahasiswa (Survei pada Mahasiswa di Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Ciputra Surabaya). Jurnal …, 61(1), 128–136. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2555

Listiaji, P., & Subhan, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Literasi Digital Pada Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Calon Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 107–116. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1948

M. Rohwati. (2012). Penggunaan Education Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 75–81.

Meyers, A. D., & Hurley, P. (2008). From the classroom: Bioentrepreneurship education programmes in the United States. Journal of Commercial Biotechnology, 14(1), 2–12. https://doi.org/10.1057/palgrave.jcb.3050078

Prayitno, T. A., & Hidayati, N. (2016). Penerapan Lesson Study pada Kegiatan Praktikum Mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 51. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v9i1.3888

Selviani, I. (2019). Pengembangan Modul Biologi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2). https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.2032

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.†Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.

Tenriawaru, E. P. (2014). Manfaat Mempelajari Biologi Molekuler ( Kajian Sistem Penggolongan Darah ABO ). Prosiding Seminar Nasional Biologi Molekuler.

Ummah, R., Suarsini, E., & Lestari, S. R. (2020). Pengembangan E-modul Berbasis Penelitian Uji Antimikroba pada Matakuliah Mikrobiologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i5.13432

Downloads

Published

2022-06-12

How to Cite

Budiarti, R. S., & Harlis, H. (2022). Analisis kebutuhan E-book Mikrobiologi Terapan berbasis Kekayaan Lokal Jambi untuk Menumbuhkan Jiwa Berwirausaha: (Analysis of the need for an E-book of Applied Microbiology based on Jambi’s Local Wealth to Grow an Entrepreneurial Spirit). BIODIK, 8(2), 73-80. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.17524

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>