Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Project-based Learning Pada Mata Kuliah Taksonomi Monera dan Protista

(Enhancing Creative Thinking through Project-based Learning Model in Monera and Protista Course)

Authors

  • Harlis Harlis Universitas Jambi
  • Retni Sulistiyoning Budiarti Universitas Jambi
  • Raissa Mataniari Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.20517

Abstract

Comprehensive field in the course of Monera and Protista is in need of revision in terms of delivering the course. The comprehensive course has contributed to difficulties faced by students to find focus in the course’s learning purposes. Consequently, students lost motivation in learning the course, lack of media used in delivering the course has also contributed to the lack of student motivation and comprehension when learning the course. Therefore, technology innovation needs to be explored to create innovation and creativity for the learning process. Innovation explored in this research is project-based learning (PjBL) model integration so that solution could be discovered to solve problems through producing products of learning, as collaboration results of educators and students. PjBL model integration creates mindmap learning media which aims to assist students improving their learning on Monera and Protista course. This research is an action research conducted in three classes. Both qualitative and quantitative data gathered in this research. Results show that student creativity is majorly rated as highly improved in this research. In addition, the action research also improve student collaboration skills.

Abstrak.

Ruang lingkup yang luas dari pokok bahasan Taksonomi Monera membutuhkan perbaikan di dalam proses penyampaian pembelajarannya. Luasnya pokok bahasan tersebut juga membuat kesulitan mahasiswa  dalam memfokuskan kebermaknaan dari tujuan pembelajaran yang diharapkan. Akibatnya mahasiswa kurang berminat mempelajarinya ditambah lagi media yang digunakan hanya berupa media cetak Biologi dan berbagai Power Point yang belum terperbaharui sehingga menimbulkan kejenuhan dan kurangnya pemahaman akan materi yang dipelajari. Untuk itu kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi perlu digali terus untuk menciptakan Inovasi dan nilai kreatifitas dalam suatu proses pembelajaran . Inovasi yang diupayakan diantaranya menggunakan model pembelajaran PjBl dalam proses pembelajaran. Melalui model PjBL diharapakan menemukan solusi dari suatu permasalahan dengan mengkonversi menjadi suatu produk hasil pembelajaran yang nyata dihasilkan melalui suatu perencanaan yang matang dari kolaborasi dosen dan mahasiswa. Penerapan dari model PjBL ini adalah menghasilkan media pembelajaran berupa mind map (peta pikiran) yang bertujuan membantu mahasiswa meningkatkan kemampuannya dalam memahami materi salah satunya adalah pada materi Taksonomi Monera. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan 2 siklus di setiap kelasnya. yang berjumlah 3 kelas. Data diperoleh dalam bentuk kuantitatif dan kwalitatif. Hasil penelitian pada siklus 1 mahasiswa cenderung pasif karena hanya mencari video seputar asal muasal kehidupaan sehingga mahasiswa tidak tertarik menggali kekurangan dan kelebihan dari vedio pembelajaran. Akibatnya inovasi dan kreatifitasnya sangat kurang terlihat.dengan mengidentifikasi kreativitas mahasiswa didalam menganalisis kemampuan berfikir tingkat tinggi melalui pebuatan Mindmap Monera dan Protista. Hasil penelitian menunjukan bahwa kreativitas mahasiswa meningkat dengan baik malalui inisiatif yang dilakukan pada penelitian ini. Sebagai tambahan, kemampuan kolaborasi mahasiswa pun dinilai meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adams. K. (2005). The Sources Of Innovation On Creativity. A Paper Commsioned by The National Center On Education And The Economy For New Commision on the Skills Of The American Workforce. National Center On Education and The Economy.

Chan. D. W. (2007). Creative Teaching in Hong Kong Schools: Constraints and Challenges.

Hong Kong Educational Research Journal, 22(1): 1-11.

Cheng, V.M.Y. (2010). Teaching Creative Thinking In Regular Science Lessons: Potentials And Obstacles Of Three Different approaches in an Asian context. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 11(1), Article 17, p.1.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

DePorter, B & Hernacki, M. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan.

Penerjemah: Alwiyah Abdurrahman. Edisi I. Bandung: Kaifa.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar- Ruzz.

Griffith P., McGaw, B., & Care, E. (Eds.). (2012). Assessment and teaching of 21st skills.

New York: Springer Publishing Company.

Gulistan, A.M.S., Siraj, S., Nordin, A.B. & Amedy, S.O. (2015). Teaching Strategies For Promoting Higher Order Thinking Skills: A Case Of Secondary Science Teachers. Malaysian Online Journal Of Educational Management (MOJEM), 3(4):16-30.

Heong, Y. M., Othman, W. D., Md Yunos, J., Kiong, T. T., Hassan, R. & Mohamad, M. M. (2011). The Level Of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Students.

International Journal of Social and Humanity, 1(2): 121-125.

Hidayat, dkk. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 2(1): 38-50.

Jarvis P. (1992). Paradoxes of learning. San Francisco: Jossey-Bass.

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Kotzer, S & Elran, Y. (2012). Learning and Teaching With Moodle- Based E-Learning Environments, Combining Learning Skills And Content In The Fields Of Math and Science & Technology. 1 st Rsearch Conference Proceedings Heraklion, Crete-Greece September.

Laius, A., & Rannikmae, M. (2014). Longitudinal Teacher Training Impact on Students’ Attributes of Scientific Literacy. International Journal of Humanities and Social Science, 4(6): 63-72.

Nurani, Wahyu, I., Wakidi, dan Ekwandari, Y.S., (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. PESAGI. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah, 2(2): 1-12.

Nurlaela. (2015). Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Ombak : Yogyakarta

Pasific policy research center. (2010). 21st Century Skills for Students and Teachers.

Honolulu: Kamehameha Schools, Research & Evaluation Division.

PISA. (2012). Field Trial Problem Solving Framework.

(Online), http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/4696200 5.pd, diakses tanggal 26 Juni 2017.

Rofi’uddin, A. (2000). Model Pendidikan Berpikir Kritis Kreatif untuk Siswa Sekolah Dasar. Majalah Bahasa dan Seni, 1(28): 72-94.

Safilu. (2010). Hakekat dan Stretegi Pembelajaran Biologi untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1): 1-11.

Syam, Natriani, Ramlah. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 5(3): 184-197.

Syarifuddin. (2018). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Yogyakarta: Deepublish.

Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Turkmen. (2015). Creative Thinking Skills Analyzes Of Vocational High School Students. Journal Of Educational And Instructional Studes In The World, 5(1): 74-84.

Utami, Rina Putri. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. 4(1).

Windura. (2008). Mind Map: Langkah Demi Langkah. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Harlis, H., Sulistiyoning Budiarti, R., & Mataniari, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Project-based Learning Pada Mata Kuliah Taksonomi Monera dan Protista: (Enhancing Creative Thinking through Project-based Learning Model in Monera and Protista Course). BIODIK, 8(4), 215-223. https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.20517

Most read articles by the same author(s)